CONTOH MULTIMEDIA

Beberapa Contoh Software Open Source
Jika kita browsing di Internet dengan kata kunci open source maka akan ditampilkan daftar beberapa situs yang memuat sorftware bersifat open source. Masing-masing situs berbeda dalam menyajikan software yang dapat didownload secara gratis tersebut.
Software tersebut juga dikelompokkan berdasarkan kategori, sebagai bahan pembanding berikut ini diambil dari salah satu situs yang memuat software berdasarkan kategori :

 

Software Pengolah Multimedia

Software Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang Open Source..
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.


OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini    ikut  dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
2. Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
3. WinDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6. DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.
7. Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks. Digunakan untuk memutarkan audio dan video. dapat diperoleh di www.soft-games.com
8. XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan audio.
9. Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.      Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video.
10. Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.
11. Adobe Premiere Elements, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.
12. Windows Movie Maker, bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit informasi dalam bentuk video.
13. Pinnacle Studio, bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk mengedit
audio dan video.
14. TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15. ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16. XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
18. Microsoft Picture Manager, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Digunakan untuk melihat picture.
19.  Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. berguna untuk melihat photo.
20. VLC Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. yang digunakan untuk memutar video dan audio.
21. Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Corel Corporation. Digunakan untuk mengedit, menggambar image. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
22. Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat open source dan masuk dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk mengedit image. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
23.  Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat open source dan diproduksi oleh Macromedia Inc. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
24. 3D Studio Max, bersifat open source dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment. Digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi.
25. Silo 3D Modelling, bersifat open source dan diproduksi oleh  Nevercenter Ltd. Co. Dugunakan untuk membuat gambar 3D.

LISENSI.
1. Movieworks, bersifat lisensi/berbayar dan diproduksi oleh Win, mac yang digunakan untuk menggunakan video, suara,animasi, cat dan alat editing gambar dengan urutan berdasarkan waktu kuat, berorientasi objek dan program authoring. Lima MovieWorksterintegrasi Deluxe aplikasi produksi bekerja sama mulus, sehingga mudah untuk memasukkan video analog atau digital, tombol, foto, grafik, animasi,3D, narasi, MIDI, MP3, CD musik, teks dan sertifikasi, dan film bahkanrealitas virtual ke menakjubkan, profesional-kualitas multimedia produksi. 
2. Mediablander,bersifat lisensi dan diproduksi oleh Win, Mac yang digunakan  mudah untuk menggunakan paket multimedia authoring.MediaBlender akses dari komputer manapun dengan akses Internet, tuan rumah perangkat lunak pada server Anda sendiri untuk kinerja yang lebih baik, dan beban sebuah aplikasi yang berdiri sendiri pada komputer Andauntuk digunakan tanpa koneksi internet.
3. Blender 3D, adalah sebuah software editing 3 Dimensi berlisensi GNU . Software ini dapat digunakan untuk  untuk editing obyek 3 Dimensi. Fungsinya hampir sama dengan software maya dan 3D Studi Max. Blender dapat berjalan di sistem operasi berbasis windows dan linux.
4.
Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer.  Dapat diperoleh di www.soft-games.com.
5. CloneDVD,
bersifat lisensi Fungsinya untuk meng-cloning DVD/CD persis aslinya dan bisa di-convert
ke pelbagai target spt AVI, ASF, iPod MP4, PSP MP4, 3GP, ISO file, dll. Disamping itu bisa menembus sekaligus mem-bypass pelbagai proteksi DVD, sepeti dual layer. dapat diperoleh di
http://www.mixzhare.com/thread-8164.html.
6. 3DMark : Software yang bisa mendeteksi kemampuan kartu grafis (VGA Card) komputer Anda. Versi terbaru software ini harus didukung oleh DirectX versi 9.Pengujian dilakukan dalam 4 tahap. Semakin tinggi score, semakin tinggi kemampuan kartu grafis yang Anda gunakan.
7. Gim : Software untuk mengedit photo. Menambah warna, tulisan dan masih banyak lagi. Software ini tidak kalah dengan adobe photoshop. 
8. XTreme : Software pengolah gambar. Bisa memberi efek 3D pada tulisan/gambar yang dibuat. Menambah teks, memberi efek warna, efek pandangan dan masih banyak fitur lainnya.
9. Faststone :Software ini mampu melihat photo/gambar, mengkonversi, mengcapture dan memotong photo/gambar. Mampu memberikan efek pada photo/gambar, memberi bingkai photo/gambar. Tersedia slide show untuk menampilkan koleksi gambar/photo Anda.  
10. Inscape : Software yang bisa digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor. Software ini tidak kalah dengan coreldraw maupun Macromedia freehand.  
11. 3D Canvas : Software untuk membuat tampilan 3D. Anda bisa mengatur posisi kamera sehingga bisa dilihat dari berbagai arah.  
12. 3D Home : Software untuk mendesain rumah beserta furniturenya. Anda tinggal menambah beragam pilihangambar/asesoris yang disediakan. 
13. Google : Software yang digunakan untuk mendesain bangun 3D. Rumah, jembatan dan bangun lainnya bisa Anda desain. 
14. Font Twister : Software yang digunakan untuk membuat animasi text dengan berbagai efek. Biasa digunakan untuk text di website, slide presentasi, multimedia project dan lainnya. Banyak fasilitas yang ada, diantaranya soften, sharpen, rotate, mirror.  
15. W-Reflections : Software yang bisa menambah efek hujan, salju yang turun, air yang menggenang dalam gambar/foto Anda. Bisa membuat gambar Anda menjadi lebih hidup.  
16. GadwPrint Screen : Software yang digunakan untuk meng-capture gambar yang ada di layar monitor komputer Anda. Dalam mengcapture ada pilihan current window, client window, full screen dan rectangular area.  
17. PDF Editor : Selain mampu membaca file Pdf, software ini juga mampu mengedit teks, seperti menambah atau menandai teks yang penting. Anda bisa menambah link file pdf atau file audio/videopada teks tertentu. Bisa memberi tambahan gambar, object dan masih banyak fasilitas lainnya. 
18. R-player : Software Pemutar file video/audio. Bisa digunakan untuk mendownload file video dari internet. Mampu memblok pop up saat Anda sedang mendownload. 
19. Audi : Program untuk mengedit file audio. Memotong, memperbanyak, menyatukan track, merekam dan memberi efek khusus pada suara.  
20. Audio Basic : Selain bisa membaca file audio/video, software ini juga mampu mengubah format file audio/video. Anda juga bisa mengedit dan merekam dan meggabungkan file audio yang telah Anda rekam. 
21. Converter : Software yang bisa mengubah format video yang Anda download dari youtube.com menjadi format MP3. 
22.  Rip Mp3 : Software untuk merubah format file CD audio menjadi bentuk MP3 atau WAV.
23. 3D Pictures : Software untuk menampilkan screen saver 3D. foto-foto yang Anda pilih seperti berada di gedung pameran, ada juga desain dlam rumah. Anda bisa install desain yang baru dengan mendownload di situsn 
24.   Magnetic : Software untuk menampilkan wallpaper & screen saver dengan banyak pilihan. Anda bisa memilih wallpaper jenis binatang, pemandangan alam, manusia, sport dan lainnya. Ada banyak pilihan screen saver 3D yang akan menyejukkan pandangan mata Anda. 
25. U Cool 3D : Software yang bisa digunakan untuk membuat desain 3D. Fasilitas membuat garis,segitiga, polygon juga ada. Anda bisa tampilkan karya Anda dengan software ini di website Anda agar tampil lebih menarik. Penggunaan software ini terbatas dalam 15 hari. 
 

software multimedia opensource terbaik
• Blender
 



bagi kalangan pengguna opensource mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, blender merupakan software untuk membuat gambar dan modeling 3D berbasis opensource, aplikasi ini sangat terkenal bagi para pengguna linux para designer 3D, sebut saja sintel, kajimba, man in man, dan lain-lain merupakan contoh film animasi 3D yang dibuat menggunakan blender.
Perbandingan dengan Cinema 4D, 3Ds Max, dan Maya
Blender merupakan software opensource yang powerfull untuk pembuatan animasi 3D yang menakjubkan dan kita tidak perlu mengeluarkan cost yang besar untuk membeli lisensi dari software blender. software ini merupakan software yang multi platform dan bisa dipakai di semua sistem operasi baik Windows, MacOS, terlebih lagi Linux.
Cinema 4D, bisa saya bilang software menengah untuk software berbayar, karena untuk satu lisensi saja kita harus merogoh kocek sekitar 1000$, namun anda bisa membeli addons tambahan jika ingin meningkatkan fungsionalitas dari Cinema 4D. software ini memiliki kelebihan yaitu memiliki antar muka atau interface yang sangat intuitif dan memiliki detail body paint yang sangat bagus.
3Ds Max, merupakan software yang sangat terkenal dikalangan para designer 3D besutan Autodesk dan memiliki komunitas online terbesar di dunia, yang saya tahu bukan merupakan merupakan software yang multi platform karena hanya tersedia untuk microsoft windows.
Maya, juga merupakan produk dari Autodesk, yang hampir sama dengan Cinema 4D, di khususkan untuk kalangan menengah. tapi saya taksir kalau Maya lebih ke animasinya sedangkan 3Ds max lebih kepada pembuatan dunia virtual, arsitektur dan lain-lain.

• GIMP (GNU Image Manipulation Program)
 

anda pernah dengar photoshop?
kalau anda pernah dengar photoshop, pasti anda juga pernah dengar dengan yang namanya GIMP, yang menurut saya software ini merupakan software yang menjadi saingannya adobe photoshop, saya tidak mau menyebut GIMP tiruan microsoft untuk Linux. karena GIMP berbeda dengan photoshop walaupun memiliki fungsi yang saya dengan photoshop yaitu memanipulasi image atau gambar.
GIMP merupakan software opensource alias sumber terbuka alias GRATIS!!, yang multiplatform karna bisa berjalan di linux, MacOS dan windows. coba saja anda bandingkan dengan photoshop yang bertengger di kisaran harga >1000$ , maka GIMP lebih ekonomis.
• Inkscape Vector Graphics Editor
 

Inkscape merukan software opensource ketiga rekomendasi saya, merupakan saingan terberat CorelDraw dan Adobe Ilustrator :P, software ini merupakan alternatif para designer dan banyak yang bilang inkscape merupakan permata tersembunyi. banyak dari designer profesional yang menggunakan inkscape (meskipun mereka telah membeli Ilustrator dari adobe) karena inkscape memiliki fitur yang lebih bagus apalagi jika dikombinasika antara adobe ilustrator dan inskscape.

• Scribus
scribus merupakan alternatife dari adobe indesign, scribus merupakan software desktop publishing (DTP) yang saya anngap terbaik, karena merupakan software open source berlisensi GNU GPL yang banyak digunakan sebagai program layout halaman yang handal, software ini dapat menghsilkan output dalam bentuk PDF dan Postscript yang memiliki kualitas setara dengan yang dihasilkan oleh software-software komersial terkenal seperti Pagemaker, Indesign ataupun QuarkExpress.

• OpenOffice.Org
barangkali software multimedia ini amat penting bagi penggguna linux khususnya. ya, software ini saya masukkan karena fungsionalitas dang kompatabilitasnya dengan software lain terutama software Office yang dikeluarkan oleh Microsft yaitu Microsoft Office.
OpenOffice.Org merupakan aplikasi perkantoran yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata, spreadsheet, grafis, dan presentasi. aplikasi inim memilike dukungan di hampir semua platform dan sistem operasi, salah satu kelebihannya adalah meimiliki dukungan hampir semua bahasa di dunia, dan memiliki kehandalan mengenali semua dokumen aplikasi perkantoran lain seperti Microsoft Office, serta yang paling penting bisa digunakan dimana saja, bebas dan tanpa biaya sedikitpun. karena OpenOffice.Org merupakan aplikasi berbasis kode terbuka yang berlisensi GNU GPL. software ini mudah digunakan dan memiliki komunitas yang siap untuk mengembangkan software ini menjadi lebih powerfull untuk keperluan aplikasi perkantoran.
okke, mungkin itu software-software yang menurut saya terbaik di lingkungan open source untuk software multimedia, semoga dapat menjadi inspirasi dan dorongan bagi anda untuk berlaih menggunakan software-software opensource. mohon maaf bila saya masih ada kekurangan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar: